NgobroLinux #3, Asep Sholihin

Asep Sholihin (Instagram @asepshol) ialah salah seorang mahasiswa ekonomi di salah satu kampus terkemuka di Subang, namun hobby-nya ngoprek komputer dan gadget telah menyeretnya ke dunia IT. Pemuda lajang yang juga penggemar buku-bukunya  Fiersa Besari ini justru sering terlihat ngoding daripada ngerjain tugas kampusnya.

Berikut adalah cuplikan wawancara kami dengan beliau.
“Saya seorang web developer cupu yang tak sengaja terjun dan mengenal hal-hal luar biasa didalamnya. Lalu bertemu lah dengan Linux. Sebuah OS yang awalnya saya anggap tidak asyik dengan tampilan yang cupu, perintah terminal yang awalnya terlihat rumit, dan membosankan (karena dikira tidak support game dan software- software fenomenal) yang saya sering pakai ternyata memiliki hal yang luar biasa keren dan mengasyikkan.”

Kenapa Menggunakan Linux?
Awalnya liat orang orang yang ngoding pake Linux, lalu saya cobain (saat itu Linux Mint) yang setelah beberapa hari saya pake, **JLEB** ini OS keren banget sampe gak kerasa saya senyum-senyum sendiri dibuatnya, mirip seperti saat kita melihat cewek yang awalnya terlihat biasa-biasa saja, tapi ternyata makin hari jadi terlihat makin cantik setelah ngobrol lama dengannya, aiiih…. OS ini bener bener mendukung banget untuk aktifitas ngoding saya. Dengan command melalui Terminal yang bener-bener memudahkan saya. Kemudahan dalam instalasi software-software pendukung saya ngoding, seperti Node, CLI, dan lain-lain.

Kapan pertama kali menggunakan Linux?
Saat masih di bangku “putih abu-abu” saya sering experiment menggunakan OS Windows,  dan saat itu iseng-iseng nyobain Linux (Ubuntu). Tapi  sempet kapok pake Linux karena musibah menghampiri, dengan keterbatasan ilmu dan pengetahuan saya tentang Linux saat itu, dengan sotoy-nya saya menginstal dan me-reset harddisk, dan ‘BLAR!!!’ semua data sekolah saat itu lenyap, kejadian itu sempat membuat saya benci banget sama Linux. Namun akhirnya saya kembali baikan lagi dengan Linux di tahun 2015, seperti gebetan yang kembali didekati akhirnya saya mulai merasa cocok dan cinta saya kembali bersemi dengan Linux.

Apa distro Linux favorit Anda?
Saat mulai tertarik dengan Linux, saya mencoba beberapa distro like, Ubuntu, Linux Mint,Voyager, Elementary, Deepin OS  dan menurut saya yang paling Wow tampilannya adalah Deepin OS. Namun  sayangnya karna build distro tersebut berangkat dari un-stable saya merasa bahwa distro itu kurang powerfull, untuk saya. sampai saat ini saya masih mencari sosok distro yang pas dan menyenangkan, ibarat mencari pasangan hidup yang juga masih saya jalani saat ini. (kode keras).

Aplikasi Linux apa yang sering digunakan?
Woow, kalo ini sudah pasti TERMINAL-nya. kemudian CLI, dan kalo untuk aktifitas ngodingsaya pakai ATOM dan VSCode, Debuggin saya menggunakan Chromium. Entah kenapa saya tidak suka LibreOffice, karna saya lebih suka bikin document pake Google Docs.

Apa arti Linux menurut Anda?
Linux adalah “the real OS”. Karna layanannya yang open source. Customization yang tiada batas. Security system yang tahan terhadap virus. Membantu saya membuka pemikiran baru bahwa
System bukan hanya terpaku pada hal fenomenal namun juga powerfull.

One thought on “NgobroLinux #3, Asep Sholihin”

Leave a comment