NgobroLinux #2, Ari Musthari

Ari Musthari (Twitter @musthari) adalah salah seorang praktisi IT di Kota Subang, Jawa Barat, sejumlah website telah ia bidani. Pemuda ramah senyum nan humoris yang juga pencinta kopi hitam ini tak ragu untuk membantu menyelesaikan masalah terkait komputer dan smartphone yang dialami teman-temannya. Tim NgobroLinux telah berhasil mewawancarainya via e-mail.

Kenapa menggunakan Linux?
Karena sistem operasi tetangga terlalu megap-megap jika dijalankan pada sistem yang hanya memiliki 512 MB RAM dan single core Intel Celeron processor.
Jawaban utama: Karena kebutuhan pekerjaan.
Jawaban lain: supaya bisa pakai server VPN sendiri. Kurang asik rasanya kalau aktivitas internet kita dibatasi dan dikepoin pihak ketiga =)

Kapan Pertama kali mengenal Linux?
Antara tahun 2004/2005 di sebuah warnet di Bandung, jenis distronya ngga hafal. Sedihnya, ngga ada Mikocok Words. Ada aplikasi yang mirip (Open Office) tapi karena ngga biasa…tutup billing saja. Tahun 2006/2007 dapat hibahan komputer dan iseng install Ubuntu. Tapi itu aja sudah, iseng. Malapetaka terjadi saat instalasi Linux ditimpa oleh instalasi Windows yang mengakibatkan komputer ngga mau booting. Sejak saat itu ngga pakai Linux lagi hingga ~2011.

Apa distro Linux favorit Anda?
Ngga ada favorit, tapi karena penggunaannya untuk web server, maka yang sering digunakan adalah Debian (60%) dan CentOS (30%). 10% lagi diberikan kepada Ubuntu + LXDE (remote desktop) untuk aktivitas download/upload file berukuran besar. Kadang boot Puppy dari flashdisk untuk browsing di laptop yang spesifikasinya sungguh jadul.

Aplikasi Linux apa yang sering digunakan?
Sekitar 80% menggunakan CLI di Debian dan CentOS. 20% untuk Firefox dan Filezilla di Ubuntu.

Apa arti Linux menurut Anda?
Penambah rezeki, pembuka wawasan. Karena Linux, saya memberanikan diri untuk menjalin hubungan pekerjaan dengan klien dari beberapa negara melalui situs freelancer.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s