Inilah 11 Program Google for Indonesia 2017

Google baru saja mengumumkan sejumlah inisiasi yang khusus diluncurkan untuk Indonesia, sedikitnya ada 11 program yang telah direncanakan Google untuk Indonesia dimana sebagian dari program tersebut merupakan program lama yang telah diselenggarakan di negara lain sementara sejumlah program lainnya memang khusus disediakan untuk Indonesia.

Berikut ini adalah 11 hal yang  diumumkan oleh perusahaan mesin pencari terbesar yang ada di Internet tersebut:

1. Google Station merupakan salah satu upaya Google untuk menyediakan akses Internet melalui jaringan WiFi secara gratis untuk pengguna di Indonesia. Untuk menjalankan layanan ini, pihak Google telah bekerja sama dengan provider CBN dan FiberStar yang memang telah menjadi provider Internet di Indonesia. Layanan ini diklaim akan memberikan kecepatan akses Internet yang lebih baik dari jaringan WiFi publik yang sudah ada dimana untuk awalnya layanan ini akan tersedia di Bandung, Jakarta, Surabaya dan kota-kota lain aka menyusul kemudian.

2. YouTube Go, layanan ini merupakan fitur yang sebelumnya pernah diumumkan dan tersedia di negara India, dengan layanan YouTube Go ini pengguna bisa mengunduh film dan memutarnya secara offline dengan tambahan informasi kuota yang dibutuhkan serta adanya dua buah opsi untuk menyimpan kualitas video yakni dasar dan standar sehingga pengguna bisa mengontrol penggunaan kuota data sebelum mengakses video ini.

3. Google Assistant dalam Bahasa Indonesia, layanan ini merupakan salah satu dari mesin kecerdasan buatan besutan Google yang bisa memberikan hampir ke semua informasi yang ada di Internet dengan antarmuka bahasa Indonesia. Untuk saat ini, pengguna dapat mencobanya melalui fitur Google Assistant yang ada dalam aplikasi pesan instant Alo, anda hanya tingfal mengetik atau memberikan perintah dalam Bahasa Indonesia maka mesin kecerdasan Google AI akan meresponnya dalam Bahasa Indonesia.

4. Shortcut in Search, fitur ini akan menyediakan shortcut atau pemintas terhadap sejumlah topik populer seperti makanan, minuman, jadwal bioskop dan arah pulang yang dapat langsung diakses di bawah kolom pencarian, fitur ini juga akan tersedia bagi pengguna perangkat Android.

5. Health Answer, Indonesia menjadi negara pertama yang bisa menggunakan pencarian topik Kesehatan di Google Search yang langsung terhubung dengan institusi lokal, untuk itu Google telah bekerja sama dengan Rumah Sakit Mitra Keluarga untuk memberi penjelasan mengenai gejala dan perawatan penyakit secara umum, semua informasi tersebut disajikan dalam Bahasa Indonesia tentunya.

6. Waze Update dan Informasi nomor kendaraan Ganjil-Genap. Pengguna jalan khususnya di Jakarta aka bisa mencari rute untuk kendaraan mereka termasuk peraturan ganjil-genap yang berlaku di Indonesia. Untuk menggunakan fitur ini, pengguna Waze hanya cukukp memasukan dua digit terakhir dari nomor polisi kendaraan mereka selanjutnya aplikasi akan mencari rute yang sesuai untuk dilalui. Waze juga menyediakan suara pemandu jalan dalam bahasa Indonesia dengan tiga pilihan, namun jika kita juga bisa menambahkan suara tersebut dengan mereka suara kita sendiri.

7. Pelatihan kepada 25,000 orang pengembang aplikasi. Di Indonesia, Google memiliki program Android Kejar yang bertujuan untuk memberikan pelatihan pemrograman aplikasi untuk bisa menghasilkan 100,000 programmer baru. Saat ini, baru ada sekitar 25,000 programmer yang telah berhasil diberi pelatihan oleh Google, dan diharapkan pada tahun 2020 mendatang jumlah programmer akan bertambah menjadi 100,000 orang lebih. Untuk melakukan program ini, Google telah bekerja sama dengan sedikitnya 80 buah universtas untuk memberikan pelatihan dasar pemrograman Android.

8. Primer adalah salah satu edukasi Google terhadap sejumlah pelaku UKM di Indonesia, saat ini ada 24 modul pelajaran yang telah tersedia dan semuanya dipaparkan dalam Bahasa Indonesia, beberapa topik tersebut membahas topik seputar menjual produk atau layanan secara online dan marketing digital.

9. Gapura Digital adalah salah satu bentuk program lain yang akan membantu sebuah bisnis kecil untuk bisa ‘Go International’ dengan mengeksiskan diri di dunia maya, sehingga nantinya perusahaan UKM ini selain bisa eksis di dunia nyata, juga bisa eksis secara online. Saat tulisan ini saya buat, ada sedikitnya 4,500 orang yang mendaftar program ini, pihak Google telah mengadakan program ini di 7 Kota di Indonesia dalam rentang waktu sekitar 3 bulan.

10. Womenwill akan memberikan wawasan bagi para pebisnis kaum hawa dalam hal digital, saat ini ada sekitar 7,000 wanita yang telah tergabung dalam program Womenwill yang telah diadakan disejumlah kota seperti Jakarta, bandung, Surabaya, Semarang, Denpasar dan segera menyusul Makassar.

11. Google.org grant to ICT Watch, ini merupakan proye filantropi Google untuk memberikan bantuan bagi program Smart School Online yang diadakan oleh ICT Watch. Program ini telah melatih kurang lebih 25,000 pelajar, guru dan orang tua mengenai literasi digital dan keamanan online. ICT Watch sendiri merupakan program non-profit yang selalu mendukung masyarakat untuk memiliki kebebasan berekspresi di Internet namun tetap berpegang pada penggunaan Internet secara sehat, untuk menjalankan program ini ICT Watch telah bekerja sama dengan organisasi lain seperti ECPAT dan Sejiwa Foundation.

Sumber: Google Blog

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s