[Video] Aplikasi LibreOffice 5.2 Sudah Resmi Dirilis ke Publik

Tepat tanggal 3 Agustus 2016, versi teranyar dari aplikasi LibreOffice telah resmi dirilis untuk publik, aplikasi perkantoran yang dibuat oleh The Document Foundation itu kini telah memasuki versi 5.2.

Aplikasi office suite yang mengusung open source dan free software itu telah ditujukan baik bagi pengguna pemula maupun pengguna yang telah mahir, dimana versi ini juga telah mendapatkan tampilan antar muka baru serta sejumlah peningkatan fitur yang lebih diarahkan bagi pengguna di lingkungan perusahaan.

LibreOffice 5.2 telah sesuai dengan klasifikasi dokumen berstandar TSCP dengan sejumlah fitur baru yang dihadirkan, beberapa diantaranya adalah peningkatan fungsi estimasi pada aplikasi Calc, dukungan beberapa signature serta kemampuan impor dan ekspor fungsi signature dari file OOXML.

Fitur interoperabilitas juga telah ditingkatkan, terutama pada aplikasi Write dimana aplikasi pengolah kata ini kini semakin baik saat mengimport file DOCX dan RTF, fitur interoperabilitas pada aplikasi spreadsheet juga telah ditambahkan bersama dengan dukungan penggunaan wildcard dalam rumus agar bisa dikenali ketika pengguna menyimpan file tersebut dengan format XLS, XLSX dan juga ODF 1.2.

Tampilan toolbar tunggal juga telah ditambahkan pada aplikasi Writer dan Calc untuk membantu pengguna agar benar-benar fokus pada konten yang sedang dikerjakan. Beberapa ikon juga telah ditambahkan ke toolbar standar, dimana ikon-ikon ini akan lebih memudahkan pengguna untuk mengakses sejumlah fungsi yang sering digunakan.

Untuk mengetahui informasi dan fitur baru apa saja yang disertakan pada setiap aplikasi yang ada didalamnya, anda bisa membacanya melalui tautan berikut ini.

Sebagai tambahan informasi, hingga saat ini aplikasi LibreOffice telah diunduh sebanyak 140 juta kali sejak diluncurkan pada Januari 2011. Aplikasi perkantoran ini juga telah banyak digunakan oleh organisasi besar di setiap benua, dengan tambahan pengguna baru yang terus meningkat setiap harinya. Pihak The Document Foundation mengklaim bahwa saat ini aplikasi tersebut telah terinstal pada lebih dari 8.000 komputer desktop di seluruh dunia.

Aplikasi LibreOffice 5.2 ini juga tersedia untuk platform Windows, Mac OSX dan Linux. Bagi Anda yang ingin menggunakan aplikasi perkantoran besutan The Document Foundation ini dapat mengunduhnya secara cuma-cuma di situs resmi mereka http://www.libreoffice.org/download/.

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s