Mencoba Linux Lite 3.0

Ada sejumlah distro Linux yang cukup menarik diluar sana, lantas distro mana yang akan anda pilih untuk digunakan sebagai sistem operasi komputer sehari-hari? Well, jawaban dari setiap pengguna tentu akan berbeda.

Baru-baru ini saya telah mencoba menggunakan Linux Lite 3.0, ini adalah distro Linux yang dibangun dengan basis teknologi Ubuntu 16.04 LTS (Xenial Xerus). Linux Lite 3.0 ini juga hadir dengan tampilan tema yang cukup manis berkat penggunaan Arc GTK dimana pengguna bisa memilih sejumlah tema yang disediakan termasuk beberapa gambar wallpaper yang sangat indah untuk dipandang.

Sejalan dengan namanya, Linux Lite telah dihadirkan untuk perangkat yang memiliki spesifikasi rendah, ia bisa sangat smooth berjalan pada komputer yang memiliki prosesor berkecepatan 700 MHz dengan RAM 512 MB serta mampu manayang kan VGA dengan resolusi 1024 x 768 piksel.

Sebagai distro yang ‘ringan’ Linux Lite 3.0 telah memiliki sejumlah aplikasi yang menurut saya cukup powerfull, beberapa diantaranya adalah aplikasi LibreOffice yang menawarkan Write, Calc dan Impress serta sejumlah aplikasi pendukung lainnya seperti perambah Firefox, GIMP (image editor), Thunderbird (e-mail client), Thunar (File manager), VLC (multimedia player), Audacity (audio editor), Calibre (eBook reader) dan Pinta (mirip aplikasi Paint pada Windows).

Tampilan utamanya terbilang simple namun sangat user friendly berkat penggunaan antarmuka Xfce yang sangat mudah di-navigasi bahkan bagi pengguna pemula sekalipun.

Jika Anda tertarik untuk mencoba Linux Lite 3.0 silahkan unduh melalui tautan berikut ini https://www.linuxliteos.com/download.html. Tersedia dalam versi sistem 32-bit dan juga 64-bit.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s