Ponsel Modular Project Ara Akan Tersedia Untuk Publik Tahun 2017

Selain mengumumkan sejumlah inovasi teranyarnya, pada perhelatan Google IO 2016 kemarin, pihak Google juga telah kembali mengumumkan keberadaan dari ponsel modular yang bisa di bongkar-pasang a la Lego yang lebih dikenal sebagai Project Ara.

Pengembangan ponsel Project Ara sebenarya sudah cukup lama digarap oleh Google, proyek ini awalnya dikepalai oleh Tim ATAP (Advanced Technology and Projects) yang sebelumnya dinaungi oleh Motorola Mobility saat masih menjadi bagian dari Google. Namun kini, walaupun Google sudah menjual Motorola ke Lenovo, tapi pihak Google masih memegang tim proyek pembuatan ponsel tersebut yang sudah ditransfer untuk bekerja dibawah direksi divisi Android.

Di sela-sela perhelatan Google IO 2016 yang berlangsung tanggal 18 Mei kemarin, pihak Google telah mengumumkan bahwa perangkat ponsel Project Ara versi developer akan mulai tersedia pada musim gugur (sekitar bulan September – Desembar) tahun ini, sedangkan versi komersialnya baru akan tersedia pada tahun 2017 mendatang.

Ponsel dengan disain modular ini akan hadir dengan ukuran layar 5,3 inci dimana bagian belakang dari ponsel ini terdapat 6 buah slot yang akan memudahkan pengguna untuk membongkar pasang komponennya sendiri. Keenam slot tersebut mendukung transfer rate dengan kecepatan 11,9 Gbps dan semuanya saling terhubung melalui jaringan UniPro.

Pihak Google kabarnya juga telah menggandeng sejumlah perusahaan untuk memproduksi berbagai modul yang nantinya akan disematkan pada smartphone Project Ara ini.

Sementara menunggu terkumpulnya para developer melakukan pendaftaran untuk menjadi bagian dari pengembangan aplikasi di ponsel Ara, saat ini ada sekitar 30 orang dari organisasi ATAP yang telah menggunakan dan mnenguji ponsel Ara sebagai perangkat  ponsel utama mereka sehari-hari.

Jika anda tertarik untuk mengembangkan aplikasi Android untuk ponsel Ara, silahkan isi formulir pendaftarannya di situs resmi mereka di sini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s