Dell XPS 13, Laptop Ubuntu Untuk Mendukung Project Sputnik

Pabrikan komputer asal Amerika, Dell baru saja merilis perangkat ultrabook baru bertajuk Dell XPS 13 Developer Edition, laptop seri XPS generasi ke-lima besutan Dell ini lebih ditujukan bagi para programmer dan pengembang aplikasi yang membutuhkan perangkat komputasi ringkas namun bertenaga dan berjalan dengan platform Linux.

Dell XPS 13 Developer Edition sendiri diluncurkan menyusul disahkannya inisiatif pengembangan Project Sputnik secara komersial. Project Sputnik merupakan sebuah prakarsa yang dikukuhkan oleh Dell untuk membuat platform perangkat keras dan perangkat lunak yang akan memudahkan para pengembang membuat aplikasi cloud.

Produk ultrabook ini hadir dengan bentang layar 13.3 inci berfitur layar sentuh (touchscreen) dan mampu menampilkan resolusi hingg 3200 x1800 piksel.

Salah satu variannya hadir dengan prosesor Intel Core i7 Skylake serta dukungan RAM 8 GB serta media penyimpanan solid state storage berkapasitas 256 GB. Jika kapasitas yang ditawarkan ini terasa kurang, pihak Dell telah menyiapkan varian lain dengan kapasitas RAM 16 GB dan penyimpanan 1 GB.

Menariknya, semua model ultrabook ini telah berjalan dengan sistem operasi Ubuntu 14.04 Long Term Support (LTS) dan dapat di-update ke Ubuntu 16.04 LTS ketika distro besutan Canoncial itu resmi dirilis ke publik pada bulan April mendatang.

Produk ini ditawarkan dengan harga yang cukup tinggi, pihak Dell telah menbaderolnya dengan harga $1.449 atau setara dengan harga Rp. 15 jutaan, namun tersedia varian lain dengan spesifikasi yang lebih rendah yang hadir dengan prosesor Core i5, RAM 4 GB, media penyimpana sebesar 500 GB dan dukungan kartu grafis AMD yang akan segara menyusul ke pasaran dalam waktu dekat, menurut kabarnya varian ini akan ditawarkan dengan harga $876 per unitnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s