Resmi Dirilis, Raspberry Pi 3 Hadir Dengan Dukungan WiFi Terintegrasi

Raspberry Pi telah menjadi pelopor dari kehadiran perangkat Single Board Computer (SBC), modul komputer berukuran mungil yang memiliki ukuran tidak lebih dari ukuran telapak tangan orang dewasa itu semakin populer digunakan, baik oleh para hobbyst maupun profesional.

Yang menjadi menarik, modul SBC besutan Raspberry ini ditawarkan dengan harga yang relatif murah, bahkan untuk model yang lebih simple dan sederhana yaitu Raspberry Pi Zero telah ditawarkan dengan harga hanya $5 saja. Kini pihak Raspberry telah merilis varian teranyar dari modul SBC besutannya itu yang mereka diberi nama, Raspberry Pi 3.

Kendati hadir dengan bentuk dan susunan komponen yang sama dengan seri sebelumnya, namun varian teranyar ini telah memiliki sejumlah peningkatan, baik dari segi performa maupun fitur yang ditawarkannya, salah satu fitur baru yang disematkan pada Raspberry Pi 3 ini adalah fitur Bluetooth dan WiFi yang telah terpasang secara built-in sehingga pengguna tidak lagi harus menggunakan port USB ataupun ethernet untuk menghubungkannya dengan jaringan LAN atau Internet.

Ditambah pula dengan keberadaan prosesor yang lebih bertenaga yakni quad-core ARM Cortex-A53 64-bit yang bisa berlari pada clock-speed 1.2GHz. Dengan sokongan prosesor tersebut, varian Raspberry Pi teranyar ini telah mengalami peningkatan performa hingga 50% sampai dengan 60% dibanding dengan Raspberry Pi 2, selain itu penggunan arsitektur 64-bit juga telah menggenjot kecepatan clock sebesar 33% dibanding dengan modul Raspberry Pi 2 yang berjalan menggunakan chipset berarsitektur 32-bit.

Modul SBC besutan Raspberry ini telah didesain untuk bisa digunakan oleh semua kalangan, mulai dari pengembang aplikasi, pelajar atau mahasiswa, serta individu yang memiliki ketertarikan untuk mengembangkan hardware atau software sendiri dengan biaya yang lebih terjangkau.

Raspberry Pi sejatinya merupakan motherboard kecil yang dilengkapi dengan CPU, kartu grafis, memori dan komponen lainnya. Dengan menghubungkan modul Pi ini ke monitor, keyboard dan mouse kita dapat menggunakannya modul ini layaknya sebagai komputer biasa.

Untuk menjalankannya, anda dapat mengunduh sistem operasi Raspbian yang ada di website resminya, namun Anda juga dapat mengunduh dan menginstal sistem operasi pihak ketiga tertentu seperti Ubuntu Linux atau Cat, atau bahkan Windows 10 namun versi yang digunakan adalah Windows 10 IOT (Internet of Things) yang dirancang untuk ditanam pada perangkat IOT.

Saat ini, modul Raspberry Pi 3 telah ditawarkan dengan harga $35 per untinya, harga ini sama dengan harga perangkat Raspberry Pi 2 saat modul tersebut dirilis kepasaran tahun lalu, namun versi teranyar ini telah hadir dengan sejumlah fitur dan kemampuan yang lebih yahud, sehingga harga tersebut tentu sangat menarik dan rasional.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s