Menjelajah Internet di Mode Terminal Dengan Elinks

Bagi sebagian besar pengguna Internet saat ini, menjelajah Internet dengan tampilan teks mungkin terasa sangat membosankan, terlebih karena konten Intenet saat ini telah ramai dengan hiasan gambar, animasi serta video yang lebih interaktif.

Namun tahukah anda bahwa pada awal kemunculan Internet, tampilan sebuah halaman web tak lebih dari sekedar tulisan saja, tanpa adanya gambar bergerak, foto ataupun animasi flash, tampilan web terlihat statis dengan hanya menampilkan tulisan berwarna hijau dengan latar belakang layar berwarna hitam.

Jika anda ingin mencoba menjelajah Internet dengan tampilan tersebut, anda bisa mencoba browser Elinks, browser ini bisa berjalan pada hampir semua platform seperti Unix, Linux, Windows, DOS, OS/2, BeOS dan lainnya. Elinks dapat menampilkan halaman web yang memiliki frame, ia juga bisa menampilkan konten web dengan dengan dukungan 16 warna hingga 256 warna pada Terminal/emulator.

Sama seperti kebanyakan browser pada umumnya, Elinks juga dapat digunakan untuk mengunduh file, mem-Bookmark website, editing text box, mengisi form, mendukung  cookies, SSL, http, https, ftp, fsp, IPv4, IPv6, mengakses gopher, BitTorents (masih eksperimental) dan nttp protocol. Jika Anda menjalankan Elinks pada mode GUI di Linux, anda bisa menggunakan mouse untuk memilih sebuah tautan.

Untuk pengguna Linux, anda bisa menginstal aplikasi Elinks di hampir semua distro Linux yang ada. Pada contoh yang saya gunakan, saya mencoba untuk menginstal Elinks pada distro Ubuntu atau Mint, bukalah aplikasi terminal kemudian menginstallnya melalui perintah:

sudo apt-get install elinks

Untuk distro CentOS/RHEL Anda bisa menginstallnya dengan perintah:

sudo yum -y install elinks

Setelah terinstal, dari mode terminal anda tinggal mengetikan Elinks diikuti dengan alamat website yang ingin anda buka, misalnya:

elinks www.rosgani.hol.es

Pada Elinks, tampilan website ini akan terlihat seperti di bawah ini:

Untuk menggerakan layar, anda bisa menggunakan tombol tanda panah atas atau bawah, untuk berpindah satu layar penuh anda bisa menggunakan tombol spasi. Pointer atau penunjuk navigasi yang kita gerakan dengan tombol keyboard akan langsung tertuju pada link/tautan yang ada pada layar.

Untuk membuka Link yang di sorot, anda bisa menekan tombol Enter (atau mengklik Mouse) atau menekan tombol panah kanan di keyboard. Untuk kembali ke halaman sebelumnya, Anda bisa menekan tombol panah kiri.

Jika Anda ingin menggunakan menu tunjuk pada Elinks, tekanlah tombol ALT bersamaan dengan tombol F untuk mengakses menu File, ALT+V untuk membuka menu View, ALT+L untuk membuka menu Link dan seterusnya. Lihat gambar di bawah ini:

Untuk membuka alamat website lainnya, kita bisa menekan tombol G, kemudian sebuah kotak dialog akan terbuka dan akan mempersilahkan kita untuk mengetik alamat web yang akan kita kunjungi.

Sama seperti aplikasi-aplikasi lain pada umumnya, kita bisa menggunakan tombol Esc untuk menghilangkan Menu yang terpampang di layar.

Untuk keluar dari aplikasi Elinks kita bisa menekan tombol Q atau ALt + F X Y.

Lantas apa sih untungnya membuka halaman web dengan aplikasi Elinks ini? — Karena Elinks hanya menampilkan teks, maka halaman web akan di load lebih cepat, selain lebih hemat bandwith, kita juga tidak akan terganggu dengan tampilan iklan yang  nongol dilayar.

Kendati ia tidak dapat menampilkan gambar, namun kita bisa membuka file gambar dengan mengklik tulisan [IMG] yang muncul pada halaman yang tengah ditampilkan, secara otomatis Elinks akan memanggil aplikasi Image Viewer defaultyang ada pada komputer kita.

Selain aplikasi Elinks, ada aplikasi serupa bernama Lynx, untuk menginstal dan menggunakannya kurang lebih sama. Silahkan di coba ya… 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s